Selasa, 20 Juli 2010

Mendeteksi penyakit kronis sejak dini

Diposting oleh Anggie Faraira di 06.28

Gaya hidup dan cara berdiet yang salah adalah faktor utama timbulnya penyakit kronis seperti kanker dan tumor. Sekitar 50% semua jenis kanker terjadi karena dari pola makan yang salah.
Pemeriksaan skrining adalah cara yang tepat untuk mendeteksi kanker sejak dini. syarat untuk suatu pemeriksaan skrining yang baik adalah mempunyai sensitivitas dan spesifikasi yang tinggi.
Sensitivitas adalah kemampuan untuk mengidentifikasi orang yang menderita suatu penyakit tertentu, sedangkan Spesifikasi adalah kemampuan pemeriksaan untuk mengidentifikasi orang yang menyebeb penyakit tersebut.
Dr. Maria A. Witjaksono, MPALLC (FU), saat memberikan seminar tentang pemeriksaan laboratorium untuk petanda tumor di Rumah Sakit Dharmais . Dia menjelaskan "Prostate-specific Antingen (PSA), merupakan pemeriksaan petanda tumor yang paling sering diperiksa untuk skrining adanya keganasan pada prostat. PSA sangat sensitif untuk kanker prostat," ungkapnya.
Dalam seminar tersebut Dr. Maria juga menjelaskan "petanda tumor adalah zat yang ditemukan dalam darah, urin, atau jaringan tubuh yang kadarnya meningkat pada kanker, di temukannya benjolan, bisa jinak bisa juga ganas".
petanda tumor juga dapat di bedakan menjadi 2 kelompok, yaitu petanda tumor yang spesifik untuk kanker dikaitkan dengan keberadaan jenis jaringan kanker tertentu misalnya, Carcinoembryonic Antigen (CEA) yang diproduksi untuk kanker saluran cerna, payudara dan paru.
Walaupun saat ini belum ditemukan petanda tumor yang ideal, akan tetapi pencarian petanda tumor terus berkembang dalam dunia kedokteran. (GIE)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggie blog Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare