Rabu, 26 Mei 2010

Sinusitis

Diposting oleh Anggie Faraira di 07.20
sinusitis? selama ini kita mungkin sering menganggap cuma flu biasa. akibatnya, kita sering cuek dan malas buat periksa ke dokter. padahal kalau saja kita tahu efek dan bahayanya penyakit sinusitis, wah nggak bakal deh, kita menganggap enteng! Nah, sebelum terlanjur ada baiknya kita mengenal dulu penyakit yang satu ini.
Dalam ilmu kedokteran, sinus adalah lapisan dalam rongga hidung. jadi, sinusitis adalah radang yang terjadi pada daerah tersebut. sesuai dengan tempatnya, sinusitis bisa dibagi menjadi bermacam-macam, seperti sinusitis maksila yang letaknya di tulang pipi bawah mata, sinusitis etmoid diantara mata, sinusitis frontal di dahi, dan sinusitis sfenoid dibelakang hidung.
kasus sinusitis maksila adalah yang paling sering terjadi, baru kemudian disusul oleh sinusitis etmoid, frontal, dan sfenoid. posisi lubang sinus maksila yang terletak ditegah dan lebih tinggi sering menyebabkan terjadinya penyumbatan akibat aliran sekret (cairan yang dikeluarkan hidung.
pada sinusitis etmoid, rasa nyeri terasa dipangkal hidung dan kadang nyeri di bola mata sampai pelipis.pada sinusitis frontal rasa nyeri terlokalisasi di dahi atau diseluruh kepala. sementara pada sinusitis sfenoid nyeri terasa dikepala.

(sumber : majalah Gadis)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Anggie blog Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare